• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Rabu, 06 Desember 2017

catering nasi tumpeng di Jepara

Catering nasi tumpeng di Jepara 


Catering nasi tumpeng di Jepara  – Merayakan sebuah momen atau mengungkapkan rasa syukur terhadap berbagai momentum bahagia tentunya bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satu yang umum dilakukan di kalangan masyarakat Indonesia adalah dengan tetap melestarikan budaya menyantap Nasi Tumpeng atau yang biasa disebut Tumpengan saat momen spesial seperti merayakan 17 Agustusan, ulang tahun, peresmian kantor, syukuran, pesta pernikahan, dan berbagai acara lainnya.

Istilah Tumpengan kemudian menjadi sangatlah umum ketika seseorang, ataupun sebuah keluarga serta instansi pemerintahan ataupun swasta, institusi pendidikan dan berbagai kalangan masyarakat lainnya mengungkapkan rasa syukur mereka dengan menyantap hidangan khas Nasi Tumpeng.

Bisa dibilang tradisi ini merupakan tradisi yang sarat makna. Falsafah tumpeng berkait erat dengan kondisi geografis Indonesia, terutama pulau Jawa, yang dipenuhi jajaran gunung berapi. 

Tumpeng berasal dari tradisi purba masyarakat Indonesia yang memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para hyang, atau arwah leluhur (nenek moyang). Setelah masyarakat Jawa menganut dan dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu, nasi yang dicetak berbentuk kerucut dimaksudkan untuk meniru bentuk gunung suci Mahameru, tempat bersemayam dewa-dewi.

Tumpeng memiliki dua warna dominan yaitu putih dan kuning. Warna putih dalam pengaruh ajaran Hindu diasosiasikan dengan Indra yang merupakan dewa matahari yang kemudian dimaknai sebagai sumber kehidupan yang mengeluarkan cahaya berwarna putih. 

Selain itu warna kuning merupakan warna yang melambangkan kelimpahan serta kemakmuran.



catering nasi tumpeng di Jepara




Catering “Dapoer Ayoe”
Jl.Puncak Raya Blok C 18 Perumahan Kuwasharjo Jepara
Phone: 0291-4295915 , 0812-1658-8006


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

Jl. Puncak Raya Blok C 17-18 Perumahan Kuwasharjo Jepara

Phone number

+62 (0291) 4295915 | 0812 1658 8006 | 0823 2329 1919

Website

https://cateringdapoerayoe.blogspot.co.id/